Search Engine

Monday, June 30, 2014

In Relationship with Badminton

Hallloooooo Fattaholic around the world…. Piye kabare???? Kali ini ketemu lagi sama gue, idola lo dari jaman dahulu, sekarang dan yang akan datang. Well, untuk menebus rasa kangen kalian karena udah lama gak ‘ketemu’ gue di blog, jadi kali ini gue akan bercerita tentang hal yang berkaitan dengan hobi gue. BULUTANGKIS. Yup, ngendenger kata yang di capslock on diatas lo semua pasti udah gak asing sama yang satu itu. Bukan Fattaholic namanya kalo lo yang berlangganan sms harian gue gak tau kalo gue ini hobi banget sama hal-hal yang berkaitan dengan bulutangkis. Bukan fattaholic juga namanya kalo lo yang jadi salah satu dari 15jt followers gue di Twitter gak tau kalo orang yang lo idam-idamkan ini sangat amat menggilai dan bisa maen bulutangkis.
“Kenapa sih lo menjatuhkan pilihan ke bulutangkis? Lo cowok kan? Kenapa gak sepak bola aja?” Kurang lebih seperti itulah beberapa pertanyaan yang pernah dicecar temen SD gue kala itu. Jawaban polos terlontar dari gue yang ketika itu masih duduk di bangku kelas 2 SD. Simple gue jawab, YA EMANG GUE SUKA AJA. Pertanyaan serta jawaban ini sama persis ketika mungkin dari sebagian pembaca pernah ditanya “kenapa lo cinta gue?” Ya karena gue cinta lo. THERE IS NO REASON WHY DO YOU LOVE HIM/HER. Kenapa gak sepak bola? KARENA GUE JARANG BANGET DENGER PRESTASI DARI OLAHRAGA YANG SATU ITU. Tapi jujur, sebagai cowok gue juga suka kok sama sepak bola. Hanya sebatas menyukai Manchester United dan Real Madrid dan hanya sebatas maen asal-asalan. Ngga jago, ngga punya skill. Seketika temen gue pergi setelah mendengar jawaban gue tanpa protes yang ia layangkan. Terlahir sebagai anak keempat dari tujuh bersaudara, dimana gue dan abang gue doang yang berjenis kelamin laki-laki. Namun ini gak menentukan apakah gue punya hobi yang sama dengan dia. My brother is football addict. Uniknya, bokap gue jago banget main tenis meja. So? Yeeaaaa WE’RE DIFFERENT.
Waktu kecil ketika tayangan bulutangkis menjadi tayangan yang cukup dominan diantara tayangan cabang olahraga lain, hampir setiap ada event pertandingan bulutangkis tv di rumah berasa jadi milik gue. No matter what my family said, I keep on watching it till the match is over. Hahaha. Tapi kenyataan sekarang sangat amat berbeda ya. Hingga pertengahan tahun 2013, gak ada satupun televisi di Indonesia yang nyiarin pertandingan bulutangkis kecuali Thomas/Uber, Olimpiade, INA Open. Dan tayangan itupun gak full ditayangin. Miriiisss. Sampe sekarang masih bingung alasan mereka gak nyiarin. Apa karena prestasi bulutangkis kita yang sedang terpuruk? Apa karena rating takut turun? Atau? AH.
Menjadi pecinta bulutangkis sejak kecil hingga sekarang tidaklah mudah. Tidak juga susah untuk tetep berada di jalur pecinta bulutangkis. Kenapa tidak mudah? Mungkin salah satu alasannya itu karena dulu bulutangkis kita fenomenal prestasinya. Tidak mudah bertahan untuk tetep cinta nih olahraga di jaman sekarang karena prestasi Indonesia bisa dibilang menurun. Sedih? Kecewa? IYES. Terus putus asa? NO! BIG NO! eh bengtar, ini gue atlet atau siapa yak? Terlalu menjiwai :D Tapi ya ginilah. Terus kenapa ngga susah? Simple, karena udah jatuh cinta terlalu dalem.
Ngomongin sejarah bulutangkis di diri ini, dulu tuh ya sukak bangeeet nontonin nih pertandingan di tipi. Badminton is the only one sport I could happily watch for hours. Keluarga tuh udah tau banget kalo ada nih tontonan, pasti remot tipi gue umpetin. Egois? IYA. Kenapa? Masalah? Hahahah. Karena pada akhirnya merekapun terpaksa ikut nonton dan menikmati pilihan tontonan gue yang satu ini dan tentu saja, ikut tereak dukung Endonesaah. Tapi satu hal yang mereka ngga sukai dari tontonan gue, mereka ngga suka nonton kalo bukan mempertandingkan pertarungan pemain Indonesia. Ya namanya udah cinta banget sama bulutangkis, semua match mau itu Indonesia vs Indonesia, Indonesia vs Tiongkok, Tiongkok vs Tiongkok, Tiongkok vs Tiongok, Tiongkok vs Tiongkok. Guatemala vs Tiongkok, tetep aja akan gue tonton. Pasti diantara kalian timbul pertanyaan, kenapa Tiongkok vs Tiongkok diulang-ulang? Karena eh karenaaa emang sering kejadian All-Chinese Final -___-  etapi kayaknya kalian ngga akan nanya pertanyaan itu yak? Hokesip.
“Keuntungan yang lo dapet dari nonton itu match berjam-jam apasih?” Celetuk kakak nomor 3. Abis nonton bulutangkis biasanya gue ngajak temen di rumah untuk maen. Maen di lapangan outdoor ditemani angin sepoy-sepoy dengan pembatas hanya pake sandal, dan parahnya karena dulu ngga punya raket, papan triplek dibuat sedemikian mirip dengan raket (walau ukuran kecil kaya tepoka tenis meja) sebagai raket gacoan gue. Sedih yah. Tapi itu ngga berlangsung lama, karena prestasi di sekolah baik, jadi akhirnya dibeliin raket. Itupun raket murahan. Hahaha. Raket dengan brand  Morris adalah raket pertama yang gue miliki. Harganya kalo ngga salah tuh 35rb. Nah balik lagi, jadi dengan gue nonton pertandingan bulutangkis di tipi, gue bisa niru gerakan atau cara maen atlet. Lumayan kan? Pokoknya jaman SD kalo udah nonton bulutangkis tuh rasanya sampe lupa segalanya. Sekarang juga sih. Eaaa lebaay.
Memasuki masa SMP, disini gue udah mulai mengenal lebih dalam tentang atletnya. Hampir tiap hari ke rumah temen yang berlangganan Koran hanya untuk baca kolom olahraga. Kalo beruntung, ada berita tentang bulutangkis. Nah, mulai dah hobby baru gue. Guntingin gambar atlet-atlet untuk kemudian ditempel di buku kecil yang udah gue siapkan untuk atlet bulutangkis ini. Kek macam buat kliping aje. Dulu tuh gue inget banget  seringnya nge-klipingin berita tentang Taufik Hidayat. Iya, doi emang dari dulu jadi idola gue. Bingung ya kenapa gue yang idola kalian ini juga punya idola? Wajar aja kok *minta disambit*. Dulu juga sering kliping pasangan fenomenal asal Korea, Ra Kyung Min/Kim Dong Moon. Sayangnya buku kecil kumpulan klipingan gue ilang. Hufttt. Badminton is an addictive sport. Hingga SMA sampe kuliah dan sampe tua nanti, pastinya gue sangat amat menggilai olahraga ini.
Kegilaan Berlanjut
            Dulu ngiranya kalo gue satu-satunya orang di dunia yang freak banget sama bulutangkis. Tapi sejak ketemu Dani pas SMA, ternyata doi juga suka sama olahraga raket tercepat di dunia ini. Ngga tau juga sih seberapa sukanya doi ama bulutangkis, yang jelas punya temen yang punya hobby sama itu tuh menyenangkan. Tuker pikiran tentang bulutangkis sampe ikut ekskul badminton di sekolah. Memasuki kuliah, baru dah rutin tiap minggu maen di lapangan indoor deket rumah. Mulai nyicil beli sepatu dan raket yang agak mahalan, sama badminton jersey. Kalo ada duit, ngeluarin untuk keperluan main bulutangkis tuh tanpa mikir panjang. Hahaha gaya. Di masa ini juga beberapa kali nonton live pertandingan bulutangkis di lapangan. Dari Indonesia International Challenge, SEA Games, Axiata Cup, dan tentu aja Indonesia Open udah gue jabanin untuk nonton lansung. Bisa nonton dan dukung atlet langsung di lapangan tuh seneeeeng buaanggeet. Bisa tereak-tereak bareng penonton lain, dan yang juga penting, bisa foto bareng. Hahaha.
           Prestasi Bulutangkis Indonesia memang sekarang lagi berusaha bangkit menjadi Negara yang disegani lagi. Sudah mulai sedikit membuahkan hasil dengan ada juara dunia di tahun 2013 asal Indonesia dan beberapa kali memenangkan beberapa tourney dari level terendah hingga tertinggi. Walau atlet yang menang itu-itu aja, tetep kok kami bangga. Hipotesis dari gue mengapa prestasi bulutangkis kita lesu itu selain faktor internal pemain dan pengurus tentunya, menurut gue faktor eksternal dari tidak adanya siaran pertandingan bulutangkis di televisi menjadi determinan penurunan prestasi tersebut. Kesel banget sama televisi Indonesia yang lebih mentingin tayangan sinetron gak penting dan tayangan pertandingan sepakbola luar negeri. Andai punya duit banyak, pasti udah gue buat tuh channel khusus bulutangkis. Huh.
            Dengan munculnya juara dunia baru tahun 2013 kemaren, sedikit menjadi tamparan untuk televisi Indonesia bahwasanya olahraga ini masih hidup. Masih bisa mengibarkan bendera merah putih di negeri lain. Masih bisa menancapkan Indonesia kembali sebagai kiblat bulutangkis dunia. Masih bisa berprestasi di tengah miskin publikasi. Masih bisa membuat presiden dan menteri olahraga ramai-ramai berpidato serta menyambut atlet yang hebat ini. Dan yang terpenting bagi mereka mungkin olahraga ini masih bisa menaikkan rating televisi tertentu. Hadirnya NET sebagai televisi baru membawa angina segar bagi badminton lovers di rumah. Dengan tagline Net Home of Badminton, televisi ini mulai menayangkan pertandingan-pertandingan bulutangkis dunia walau tidak dari babak awal penayangannya.
            Ada cerita unik dibalik penayangan pertandingan bulutangkis di Net ini. Entah ini gue yang ngerasa kepedean atau emang udah dari sononya Net mau nayangin badminton. Final Kejuaraan Dunia 2013 di China membuka mata pimpinan Net untuk menayangkan pertandingan ini dimana Indonesia punya 2 wakil disana. Terbukti, pujian mengalir kepada Net karena menayangkan ini. Kalo ngga salah dulu itu sempet jadi TTWW kejuaraan dunia ini. Hahaha penting banget ya info TTWW itu. Hahaha. Yatapi emang itu sih sekarang yang bisa jadi patokan kasat mata acara televise disukai atau ngga. Jadi gini, *mulai serius* di Twitter gue punya temen anak NET. Sebut saja Mawar (nama samaran). Hahaha. Username twitternya @deniahau, doi kalo ngga salah bagian legal gitu. Urus-urusin kontrak artis gitu. Tugas selebihnya gue ngga tau. Kenal bang deni ini juga dari twitter, ngga pernah ketemu. Beberapa bulan setelah kejuaraan dunia, kalo ngga salah akhir tahun, dia tiba-tiba mention gue nanyain gimana penayangan kejuaraan dunia di NET kemaren? Gue bilang sih ya OK banget. Secara tipi mana lagi yang rela nyiarin acara langka itu. Karena doi juga tau kalo gue cinta badminton (sering spam di twitter ngomongi badminton), jadi ya nanyanya ke gue. Langsung intinya, gue langsung nembak dia. Nembak bukan untuk jadi pacar, tapi biar NET terus nayangin badminton matches. Gue kirimin dah tuh jadwal-jadwal superseries dan kejuaraan besar tahun 2014 ke dia. Puji syukur gue panjatkan kalo ternyata sejak awal tahun 2014 NET menasbihkan diri jadi Home of Badminton. Hahaha. Tapi bukan karena gue juga sih NET nayangin tuh acara. Tapi setidaknya 0,1% gue turut andil dalam penayangan pertandingan bulutangkis dunia di televisi bening (HD quality) tersebut. Haha. Mungkin aja karena peralatan badminton salah satunya net, jadi NET tv merasa wajib nyiarin ituh olahraga yang butuh net juga. Halaaah ngasal :D
            Nah bengtar lagi gue mau ceritain salah satu pengalaman ber-bulutangkis yang paling bersejarah dalam hidup gue. *EYD diabaikan*. Memasuki bulan Mei kalo ngga salah, salah satu akun twitter khusus bulutangkis, @ZonaBulutangkis sounding ke twitter untuk buat group di WA biar lebih deket antara BL. Singkat cerita gue ikut gabung di group yang rata-rata notifikasi perharinya bisa mencapai ribuan notifiactions. Disini gue bisa kenal banyaaaak temen-temen yang juga cinta banget sama bulutangkis. Makin seneng dah idup gue. Dari acara Main Bareng (Mabar) di Taufik Hidayat Arena tiap minggu sampe nonton bareng live di Istora udah gue ikutin. Lebih-lebih kami ikutan lomba supporter dan berhasil jadi juara 3 dari belasan peserta. Hahaha. Kalo bisa dibilang, 2014 is the best year for me to be a real badminton lover and to be the best #NgIstora I ever had. Pokoknya excited dan seneng banget punya temen-temen yang gokil, seru banget, pengetahun badmintonnya luas. Baru-baru ini gue ngadain survey kecil-kecilan ke mereka. Nanyain alesan mereka cinta banget sama bulutangkis. Penasaran aja pengen tau alesan mereka.
Here are some answers why they love to badminton:
1.   Bulutangkis begitu indah. Variasi pukulan, langkah, dan lompatan, semuanya bernilai seni tinggi. Pukulan yang dihasilkan begitu memperhatikan momentum, gaya, dan gravitasi.  Bulutangkis menjadikan Indonesia Negara adi daya,,, setidaknya di cabang ini. Sampai saat ini, bulutangkis satu-satunya olahraga yang bisa  membuat lagu Indonesia Raya dikumandangkan di Olimpiade. Teriakan para atlet yang berhasil mengalahkan lawannya sama saja seperti mendengar pidato Bung Karno. Mengharukan, membakar semangat, dan tentu saja membanggakan. (Dani Bawel, Bekasi) Hahaha.
2.  Karena badminton olahraga yang menggerakkan seluruh badan dan membutuhkan otak dan perasaan juga. Olahraga yang indah dan banyak banget manfaat dari badminton. Di lapangan ane bisa teriak dan ketawa sepuasnya. Olahraga badminton adalah olahraga yang merakyat. (Bang Aso, Bandung).
3. Suka karena dulu SD kelas 2 pernah latihan badminton, ternyata seru apalagi kalo kejuaraan. Badminton ngga ada senioritas kalo emang baru tapi udah jago ya pasti bisa diatas. Terus ngeliat Susi sama Mia Audina main kereeen. (Melati, Pacarnya Faridz).
4.  Badminton? Well… salah satu kekuatan olahraga Indonesia. Setiap langkah di lapangan, setiap pukulan yang dilontarkan ke lawan, dilakukan dengan penuh perjuangan. Dan ketika perjuangan dibayar dengan kemenangan, ada rasa haru dan bangga. Apalagi ketika sang saka merah putih berkibar dan berkumandang lagu Indonesia Raya. Well… The best sport ever after. (Ahmad, Korban PHP Hemas).
5.   Kalo gue emang dasar suka olahraga, khususnya badminton. Apalagi Indonesia saat ini badminton jadi salah 1 olahraga yang masuk jajaran elit dunia. Jadi makin suka deh, khususnya badminton. (Faridz, temen baik yang gue tebengin terus).
6.      Gak tau tepatnya kapan suka betminten. Pokoknya cinta bangeeeet lah sama olahraga yang ini. Olahraga yang simple tapi membutuhkan perjuangan yang gak gampang. Penyesalan yang gak pernah aku lupain itu keluar dari pelatihan betminten di kampung sini pas kelas 3 SD. Nyeseeeel banget. Kalo sepakbola Indonesia kalah mah biasa aja padahal aku salah satu fanatic, tapi kalo badminton gak menang itu pengen nabok diri sendiri dan akhirnya nangissss. (Trias McDonough)
7.  Aku suka badminton dari aku kecil. Menurut aku lewat badminton rasa nasionalisme  terhadap Indonesia bisa lebih kuat hehehe. Kepuasan tersendirilah kalo bisa maen badminton dengan teknik yang bagus. Hehehe. Apalagi kalo liat perjuangan para atlet di lapangan. Beeeh menggebu-gebu rasanya. Awalnya dikenalin bulutangkis sama mama. Beliau seru banget nonton tv terus dikasih tau deh hehehe tapi pas aku minta club bulutangkis gak dapet izin dari mama. Iyaaa pernah nangis juga pas badminton gak menang. Entah kenapa rasanya tuh sakit banget. Hehehe (Hemas heheheh).
8.    Pertama kali suka badminton pas tahun 2004 saat Taufik Hidayat juara olimpiade. Waktu itu gue masih SMP kalo gak salah. Mulai saat itu suka sama badminton, diajak sama bokap maen raket di depan rumah sama di pinggir jalan.  Bokap gue juga suka badminton. Suka sama Chandra Wijaya, makanya nama gue dikasih nama Chandra. Hahahha. Ini serius gak boong gue.  Nah mulai saat itu gue suka sama badminton, bahkan menggila. Jujur kalo ditanya kenapa, gue gak tau jawabannya. Gue sih suka sama olahraga, tapi entah kenapa begitu menggila sama badminton. Cinta sama badminton sama aja kaya cinta sama someone, gak ada alasan apapun kenapa kita cinta. Yang kita tau adalah badminton begitu indah. (Chandra, preman priok).
  9.  Awalnya liat Taufik Hidayat di final Olimpiade 2004. Mamah sama Ayah Galih lagi nonton, terus ikutan nonton, pas om Taufik menang, ayah sama mamah Galih seneng banget sampe tereak-tereak gitu. Kata Ayah Galih, Bulutangkis itu olahraga yang bisa ngebanggain negara, olahraga lainnya kan belum bisa, makanya bulutangkis itu ngehasilin banyak prestasi. Eaaa. Trus jadi suka gitu. heheh. Sebenernya kalo liat pertandingan badmintnon itu, yang nontonnya juga ikutan emosi, ikut tau capeknya gimana, ikut ngerasain atmosfernya.. Dan kalo kalah itu, serasa nyeseekk banget. Huft *curcol*. (Galih, ooh Ratna)

Begitulah alasan-alasan mereka mengapa suka badminton. Terharu bacanya. Semua alasan diatas sama persis dengan yang gue rasain. Mungkin karena kita sama-sama badminton lovers, jadi punya satu rasa, satu bahasa. Halaaah. Hahaha. Menutup tulisan ini, ini sedikit alasan gue cinta banget sama bulutangkis dan yang membuat alasan kenapa lo semua yang belum cinta olahraga ini harusss juga sukak dan cinta layaknya kami.

Badminton is an addictive sport. It’s seriously epic. With great power comes great responsibility and with badminton you will develop lightening quick reflexes. In badminton, you’ll find that you’ll be off court occasionally during those times, you’ll get to mingle, socialize, and make lots of new friends. Badminton is organized fun for cool people. I am really one for living as a spectator, and badminton is the only one sport I could happily watch for hours.

Foto Bareng Atlet Part I


Foto Bareng Atlet Part II

Foto Bareng Atlet Part III

Foto Bareng Atlet Part IV

Foto Bareng Atlet Part V

Keseruan bersama Badminton Buff

2 comments:

Efenerr said...

waaah! badminton holic rupanya. :)

FATTAH said...

Heheh iya mas :D